PEMAHAMAN MASYARAKAT DALAM PEMBAYARAN ZAKAT HASIL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA AIR HITAM KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR.

PEMAHAMAN MASYARAKAT DALAM PEMBAYARAN ZAKAT HASIL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA AIR HITAM KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR.

  • ADE IRAWAN STEI Iqra Annisa Pekanbaru
  • YAHANAN YAHANAN STEI Iqra Annisa Pekanbaru
  • MUHAMMAD ERWIN STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Keywords: Pemahaman, Zakat, Perkebunan

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian lapangan yang berusaha untuk melihat sejauh mana pemahaman pemilik kebun kelapa sawit dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemahaman petani kelapa sawit terhadap zakat perkebunan di Desa Air Hitam Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi dari Desa setempat. Setelah data dapat dikumpulkan dan disusun secara sistematis maka langkah penulis selanjutnya menganalisa data tersebut dan kemudian data-data yang telah diolah akan dipaparkan dalam bentuk kata-kata sehingga teknik ini disebut dengan istilah Deskriptif Kualitatif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pemilik kebun kelapa sawit dalam membayar zakat perkebunan kelapa sawit di Desa Air Hitam Kecamatan Pujud Kabupaten Rohil terdiri dari faktor ilmu pengetahuan pemilik kebun kelapa sawit tentang zakat perkebunan kelapa sawit dan lembaga-lembaga zakat yang belum tersedia.

Published
2019-06-11