ANALISA PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH

ANALISA PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH

  • FANDRINAL FANDRINAL STEI Iqra Annisa Pekanbaru
  • BUDI TRIANTO STEI Iqra Annisa Pekanbaru
  • MUHAMMAD ERWIN STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Keywords: Persepsi, Perbankan Syariah, Pasaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan masyarakat tentang bank dan pendapat masyarakat tentang bank syariah. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden melalui wawancara dan kuisioner atau angket penelitian. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku atau referensi lainnya yang memiliki relevansi dengan pembahasan yang penulis teliti. Adapun tekhnik analisa menggunakan kuisioner/ angket, wawancaa, dokumentasi, dan observasi. Data hasil penelitian penulis dapat diketahui bahwa persepsi masyarakat Nagari Pintu Padang Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman terhadap bank syaiah adalah kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari jawaban responden yang sebagian besar responden mengatakan bahwa bank syariah sama saja dengan bank konvensional yaitu sama-sama memakai sistem bunga seperti yang dilakukan oleh bank konvensional. Padahal masyarakat belum pernah melakukan transaksi di bank syariah, tetapi sudah menganggap hal demikian. Alasan masyarakat tidak mau atau belum bertransaksi di bank syariah adalah karena tidak ada bank syariah ditempat tinggal, karena sulitanya akses menuju bank syariah atau Lokasi Jauh, dan karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah. Faktor utama penyebab masyarakat lebih memilih bertransaksi di bank konvensional dari pada bank syariah adalah karena bank konvensional lebih mudah dijumpai dalam masyarakat, dan karena sudah terbiasa melakukan transaksi di bank konvensional.

Published
2020-06-10

Most read articles by the same author(s)