PENTINGNYA PENGENALAN DASAR PERBANKAN SYARIAH KEPADA MASYARAKAT UMUM

PENTINGNYA PENGENALAN DASAR PERBANKAN SYARIAH KEPADA MASYARAKAT UMUM

  • FAHMI SALSABILA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Bank Syariah, Dasar, Masyarakat, Pengenalan

Abstract

Perkembangan industri  keuangan syariah di Indonesia sejauh ini terbilang cukup baik. Meskipun bisa dibilang minat masyarakat di Indonesia terhadap industri keuangan syariah masih belum maksimal, terbukti dengan masih besar dan kuatnya keuangan ataupun total aset yang dimiliki oleh perbankan konvensional. Banyak faktor yang dapat menyebabkan itu hal terjadi. Salah satu di antara penyebab-penyebab kurangnya minat masyarakat Indonesia terhadap industri keuangan syariah, khususnya perbankan syariah adalah kurangnya pengenalan terhadap perbankan syariah.

Masyarakat umum mengira bahwa antara perbankan Syariah dan perbankan konvensional tidak ada bedanya, sehingga diperlukannya peran dari para praktisi perbankan syariah ataupun para akademisinya  menjelaskan seputar perbedaan antara bank syariah dengan bank konvensional, baik itu berupa landasan pemikiran ekonomi syariah, perkembangan bank syariah di berbagai belahan dunia, dan bagaimana perbedaan antara perbankan syariah  dan bank konvenional. Mayarakat Indonesia sangat butuh akan informasi seputar perbankan syariah.

Pada makalah kali ini penulis melakukan penelitian dengan studi pustaka (Library Research) dan mengikuti perkembangan melalui media-media yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlunya pengenalan dasar mengenai perbankan syariah terhadap masyarakat umum, agar masyarakat umum tidak kebingungan dan tidak ragu untuk memilih menyimpan dana, atau melakukan transaksi-transaksi lainnya di bank syariah

Published
2018-01-25