STRATEGI PENETAPAN HARGA PADA TOKO AIR MINUM ASSYIFA KANGEN WATER DITINJAU MENURUT PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM.

STRATEGI PENETAPAN HARGA PADA TOKO AIR MINUM ASSYIFA KANGEN WATER DITINJAU MENURUT PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM.

  • FIRDAUS RAHMAN STEI Iqra Annisa Pekanbaru
  • HUSNI FUADDI STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Keywords: Strategi, Penetapan, Harga, Kangen & Water.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi penetapan harga pada toko air minum Assyifa Kangen Water serta tinjauan menurut persepektif Ekonomi Islam terhadap strategi penetapan harga pada toko air minum Assyifa Kangen Water. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penetapan harga pada toko air minum Assyifa Kangen Water serta untuk mengetahui tinjauan menurut persepektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Toko Assyifa Kangen Water, tepatnya di Kelurahan labuh Baru Barat Kota Pekanbaru. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Sedangkan metode pengumpulan data mengunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 3 orang terdiri dari pemilik toko, kasir dan distributor dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan teknik total sampling. Tinjauan Ekonomi Islam terhadap penetapan harga pada toko Assyifa Kangen Water melebihi harga pasar yang berdasarkan atas harga toko air minum sejenisnya, dikarnakan toko air minum Assyifa mempunyai filter air yang lebih banyak dari pada yang lain. Harga yang ditetapkan berdasarkan kualitas dan manfaat yang akan diberikan kepada masyarakat itu diperbolehkan karena masih tergolong harga yang adil. Kecuali telah terjadi kecurangan didalamnya.

Published
2019-09-06