PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BERKAH DANA FADHLILLAH DI KABUPATEN KAMPAR
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BERKAH DANA FADHLILLAH DI KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang variabelnya meliputi financial benefit, social benefit dan structural benefit terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah Kabupaten Kampar baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan berapa persen ketiga variabel tersebut menjelaskan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Dengan menggunakan alat analisa regresi berganda, di peroleh hasil variabel financial benefit berpengaruh secara positif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 8,763 > t Tabel 1,9796 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel social benefit hasilnya berpengaruh secara negatif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 2,234 > t Tabel 1,9796, nilai t hitung negatif, dan nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05. Variabel structural benefit hasilnya berpengaruh secara negatif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 2,332 > t Tabel 1,9796, nilai t hitung negatif, dan nilai signifikansi sebesar 0,021 < 0,05. Untuk nilai F sebesar 29,105 > F Tabel sebesar 2,68 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai determinasi nya yang di sesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,403 atau sebesar 40,3%. Dari analisis data, secara parsial hasilnya financial benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyaltas nasabah. Social benefit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Social benefit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan secara simultan financial benefit, social benefit dan structural benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Islam
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Islam is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.