PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENGEMBANGAN PEGAWAI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ROKAN HULU

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENGEMBANGAN PEGAWAI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ROKAN HULU

  • MIZAN ASNAWI Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Motivasi Kerja, Pengembangan Pegawai, Prestasi Kerja

Abstract

Pemanfaatan SDM secara efektif merupakan jalan bagi suatu instansi untuk mempertahankan kebijakan dan pertumbuhan di masa yang akan datang. Dengan kata lain, kekuatan instansi ditentukan oleh orang-orang yang mendukung instansi tersebut, baik pada tingkat top, midle maupun lower. Faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja pegawai salah satunya adalah dengan menumbuhkan motivasi kerja di kalangan pegawai.

Dengan diadakannya pengembangan pegawai, diharapkan pegawai tersebut dapat meningkatkan prestasi kerjanya dan akan lebih siap untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Pengembangan pegawai pada Disdukcapil Kabupaten Rokan Hulu ini bertujuan agar pegawai-pegawai pada Disdukcapil Kabupaten Rokan Hulu memperoleh tambahan bekal dan pengetahuan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. metode pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian.

Dalam penelitian ini, observasi dilakukan dengan mengamati motivasi dan pengembangan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu. Dari hasil penelitian bahwa Motivasi kerja dan pengembangan pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu termasuk tinggi dengan rata-rata masing-masing 76% dan 72%. Sedangkan prestasi kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu termasuk tinggi dengan rata-rata 63%. Besar pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja adalah sebesar 60,2% dan besar pengaruh pengembangan pegawai terhadap prestasi kerja adalah sebesar 14.1%. Nilai koefisien determinasi (adjusted R square) yang diperoleh sebesar 0,846, yang berarti 84,6% prestasi kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu dipengaruhi oleh motivasi kerja dan pengembangan pegawai. Sedangkan 15,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang telah dirumuskan dalam penelitian.

Published
2018-01-25