STRATEGI PEMASARAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM: ROTTE BAKERY MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA
Abstract
Awalnya usaha Rotte Bakery adalah salah satu industri roti yang ada di Kota Pekanbaru, berdiri pada tanggal 8 Januari 2016, yang didirikan oleh Bapak Syafrizal di Jl Bukit Barisan. Seiring dengan perkembangan zaman persaingan usaha terus meningkat, saat ini semakin banyak industri roti yang berdiri di kota Pekanbaru hingga merambah ke Kota Duri. Untuk menghadapi persaingan usaha Rotte Bakery perlu meningkatkan penjualan produk dengan strategi pemasaran yang efektif.
Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat bagaimana strategi pemasaran Rotte Bakery di kota Duri dalam menghadapi persaingan usaha dan bagaimana perspektif ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran Rotte Bakery di kota Duri. Adapun yang menjadi metode dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Rotte Bakery di kota Duri adalah dengan menerapkan segmentasi pasar, targeting, positioning dan bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang terdiri dari strategi produk, harga, tempat dan promosi. Tinjauan perspektif ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran Rotte Bakery di kota Duri sesuai dengan strategi pemasaran islami, karena Rotte Bakery merupakan usaha roti berbasis syariah (keagamaan) yang mengkombinasikan usaha mereka dengan praktik pemasaran dan sifat Nabi Muhammad SAW yakni Shiddiq (jujur), Amanah (dapat dipercaya), Fathanah (cerdas), dan Tabligh (komunikatif) sehingga usaha yang dijalankan mendapat ridha dan berkah dari Allah SWT.
References
Amir Syarifuddin.(2020).Garis-Garis Besar Fikih (Jakarta: Liberty,)
Anatan, Lina.(2009). ‘Corporate Social Responsibility ( CSR ): Tinjauan Teoritis Dan Praktik Di Indonesia’, Jurnal Manajemen Maranatha Christian University, 8.2, 66–77
Apriyani, Dewi,(2016).‘Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pakaian Muslim Di Butik Latifah Way Halim Bandar Lampung’, , 18–31
Assauri, Sofjan.(2007) Manajemen Pemasaran (Jakarta: Raja Grafindo)
Astri, Herlina. (2016) ‘PEMANFAATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BAGI PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MANUSIA INDONESIA The Influence of Corporate Social Responsibility Toward the Improvement of Quality of Life In Indonesia’, Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 3, 1–16
Buchari Alma.( 2004 Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (Bandung: Alfabeta,)
Chevron Corporation, ‘Kisah Antara PT CPI, Kota Duri, Dan Warga Tempatan’, Chevron Indonesia, 2021
Docplayer.(2022) ‘Https://Docplayer.Info/225200848-Bab-Iv-Gambaran-Umum-Perusahaan-Group-Perusahaan-Ini-Bergerak-Dibidang-Pembuatan-Roti-Dan-Langsung.Html’,
Eriza Yolanda. (2016).‘Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista’, Skripsi, 41, 35–36
Goyena, Rodrigo, and A.G Fallis(2019).‘Pengaruh Peserta Didik Baru’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9, 1689–99
Hardiyanti, Nanda.(2019)‘Strategi Pengembangan Bisnis Roti Berbasis Syariah Di Indonesia (Studi Kasus: Rotte Bakery)’, Skripsi, , 3
Husein Umar.(2001)Strategi Management in Action (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama)
Ilahi, Muhammad Ilham.(2019)‘Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Toko Chocolicious Indonesia’, Skripsi.
Kertajaya, Hermawan, and Muhammad Syakir Sula.(2006)Syariah Marketing (Bandung: PT MIzan,)
Marius P. Angipora.( 2002).Dasar-Dasar Pemasaran (Jakarta: PT. Raja Grafindo)
Maroah, Siti, et al.( 2018).Marketing Syariah (Surabaya: Qiara Media)
Miles, Matthew B, and A. Michael Huberman.(2005) Qualitative Data Analysis (Jakarta (Terjermahan): UI Press)
Moleong, Lexy J.(2010).Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Muhammad Syakir.(2006)Syari’ah Marketing (Bandung: Mizan Pustaka)
Philip, Kotler, and Keller K Lane.(2007)Manejemen Pemasaran (New Jersey: Prentice Hall)
Rangkuti, Fredy.(1997)Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)
Rasa, PT Rotte Ragam,(2022)‘Sejarah Rotte Bakery’, Rotte Bakery,
Riau Raya, ‘Duri Sebagai Kawasan Dengan Perkembangan Industri, Jasa Dan Sektor Lainnya Paling Pesat’, Riau One.Com, 2023
Al Ries.(1993) Peran Pemasaran (Jakarta: Erlangga)
Rotte Bakery, ‘Program CSR Berbagi’, PT. Rotte Ragam Rasa, 2023
Sandar Oliver, Strategi Public Relations (London: Erlangga, 2AD)
Suryana.(2006)Kewirausahaan (Jakarta: Salemba Empat Patria)
Swasta, Bashu, and Ibnu Sukaijo W.(2001) Pengantar Bisnis Modern, (Yogyakarta: Liberty)
Syukrani Filda, ‘Analisis Inovasi Produk Pada Usaha Roti Di Bukit Barisan Pekanbaru’, 2022, 32
Tjiptono, and Fandy(2015 ‘Strategi Pemasaran’, Yogyakarta: Andi, 124–28
Copyright (c) 2024 Al-Amwal :Jurnal Ekonomi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Islam
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Islam is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.