PERSEPSI MAHASISWA NON-BISNIS TERHADAP KULIAH KEWIRAUSAHAAN PASCA PELATIHAN PENYUSUNAN BUSINESS PLAN

PERSEPSI MAHASISWA NON-BISNIS TERHADAP KULIAH KEWIRAUSAHAAN PASCA PELATIHAN PENYUSUNAN BUSINESS PLAN

  • KAMARUZAMAN KAMARUZAMAN STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • ASRIZAL ASRIZAL STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
Keywords: Kewirausahaan, Business plan, Persepsi, Mahasiswa Non-bisnis

Abstract

Pembelajaran kewirausahaan memiliki urgensitas bagi mahasiswa lintas bidang karena berperan sebagai ransangan tumbuhnya jiwa berwirausaha. Kegiatan penyusunan business plan dapat menjadi akselarator untuk meningkatkan pemahaman kewirausahaan secara lebih praktis dan fragmatis. Tujuan dari kajian ini adalah meningkatkan persepsi kewirausahaan dengan perlakuan pelaksanaan penyusunan business plan. MetodeĀ  penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, membangun persepsi mahasiswa non-bisnis tentang perlunya memiliki basic keilmuan kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi tersebut terdiri dari meningkatnya pengetahuan kewirausahaan, ketrampilan menyusun proposal usaha, motivasi berwirausaha, kesiapan mengelola resiko, menentukan sikap diri, nilai dan pola pikir berwirausaha, menghasilkan ide-ide usaha. Pada akhirnya disimpulkan bahwa kegiatan aktualisasi penyusunan business plan dapat meningkatkan persepsi kewirausahaan mahasiswa terutama non-bisnis.

Published
2020-06-10