FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGGOTA MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT AL-KIFFAH PEKANBARU

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGGOTA MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT AL-KIFFAH PEKANBARU

  • M NAJAMUDDIN MUIS STEI Iqra Annisa Pekanbaru
  • YUDI IRWAN STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Keywords: Produk, Pembiayaan, Murabahah, BMT, Pekanbaru.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT Al-Kiffah, apa langkah-langkah yang dilakukan BMT Al-Kiffah untuk meminimalisir risiko pembiayaan yang terjadi dalam pembiayaan murabahah dan apakah produk pembiayaan murabahah di BMT Al-Kiffah sudah sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder, metode pengumpulan data mengunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah  karyawan dan nasabah di BMT Al- Kiffah Pekanbaru, dengan jumlah karyawan sebanyak 2 orang dan anggota pembiayaan murabahah sebanyak 38 orang, dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pembiayaan murabahah di tambah dengan karyawan BMT AL-KIFFAH sebanyak 40 orang. Teknik analisa data pada penelitian ini mengunakan Teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa banyak anggota lebih memilih produk pembiayaan murabahah. Langkah untuk meminimalisir teradinya pembiayaan bermasalah yang dilakukan oleh BMT adalah dengan selalu memperhatiakan prinsip 5C yaitu: Character, Capacity, Capital, Condition of economy, Collateral. Dari semua penelitian yang peneliti lakukan bahwasannya tidak ada unsur ribawi yang ditemukan dalam pembiayaan murabahah, hal ini membuktikan bahwasannya produk pembiayaan murabahah yang ada di BMT Al-Kiffah Pekagnbaru sudah sesuai dengan prinsip syariah.

Published
2019-09-06