MEKANISME PENERAPAN PRODUK GADAI EMAS PADA PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU

  • HUSNI FUADDI

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi penulis dan masyarakat tantang mekanisme penerapan produk gadai emas syariah; sebagai masukan  dan sumber referensi terutama bagi mahasiswa; sebagai salah satu sumber informasi mengenai alternatif sumber pendanaan bagi masyarakat; dan bagi perushaan sebagai masukan untuk mengembangkan atau memperbaiki usahanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sebagai populasi adalah 4 responden. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme penerapan gadai syariah yangditerapkan, secara umum berdasarkan ketentuan fiqih telah sesuai syariah, yaitu terpenuhinya rukun dan syarat sah gadai, begitu juga dengan mekanisme pembiayaan administrasi, pembiayaan pemeliharaan dan penyimpanan marhun yang diterapkan pada produk gadai emas PT. Bank BNI Syariah  Kantor Cabang Syariah Pekanbaru sesuai dengan fatwa No. 25 dan 26 DSN-MUI/III/2002.

Published
2017-10-16
How to Cite
FUADDI, HUSNI. MEKANISME PENERAPAN PRODUK GADAI EMAS PADA PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Al-Amwal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 183-212, oct. 2017. ISSN 2303-064X. Available at: <http://jurnal.stei-iqra-annisa.ac.id/index.php/al-amwal/article/view/11>. Date accessed: 18 nov. 2017.