SISTEM KERJASAMA PERTANIAN ANTARA PEMILIK LAHAN DAN PETANI PADI PADA DESA SENDAUR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • IDA WATI

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan sample sebanyak 50 petani penggarap. Sumber data yang penulis pergunakan adalah sumber data primer dan skunder dengan metode pengumpulan data menggunakan angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti, observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap suatu peristiwa yang terjadi di lapangan  dan melakukan wawancara dengan kepala desa sendaur dan pemilik lahan serta petani penggarap untuk lebih menguatkan penelitian ini. Setelah data tersebut terkumpul, penulis melakukan analisis data dengan menggunakan metode induktif, deduktif dan metode deskriptif analitis.


            Setelah penelitian ini dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan kerjasama pertanian antara pemilik lahan dan petani padi pada desa Sendaur kurang sesuai dengan ketentuan ekonomi Islam. Yakni adanya kesamaran dalam melakukan perjanjian, sehingga sering terjadi kesalahpahaman antara pemilik lahan dan petani penggarap.

Published
2017-10-16
How to Cite
WATI, IDA. SISTEM KERJASAMA PERTANIAN ANTARA PEMILIK LAHAN DAN PETANI PADI PADA DESA SENDAUR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Al-Amwal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 152-182, oct. 2017. ISSN 2303-064X. Available at: <http://jurnal.stei-iqra-annisa.ac.id/index.php/al-amwal/article/view/10>. Date accessed: 18 nov. 2017.